Selasa, 14 Desember 2010

biodata Ir. Soekarno

 
Dr. Ir. H. Soekarno

Dr. Ir. H. Soekarno lahir di Blitar, Jawa timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Pada waktu masih anak-anak beliau tidak pernah malas, merupakan anak yang cerdas, disiplin dan tekun. Pada waktu sekolah (kuliah) di THS (Technische Hoogeschool) Bandung yang sekarang ITB (Institut Teknologi Bandung), beliau memperoleh gelar Ir. (Insinyur). Dan beliau juga berhasil merumuskan ajaran marhalnisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada tanggal 4 Juli 1927. Dan beliau bersama Muhammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945.

Bapak Soekarno berupaya menyatukan bangsa Indonesia. Setelah menyatukan bangsa Indonesia, beliau berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika dan Amerika Latin dalam konferensi Asia – Afrika pada tahun 1955 di Bandung, yang sekarang berkembang menjadi gerakan nonblok. Beliau merupakan Presiden pertama NKRI memerintah sejak 1945 – 1966.
Bapak Soekarno berhenti menjadi presiden setelah terjadi krisis politik yang sangat hebat melanda Pemerintah RI. Lewat Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) 1966, Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Soekarno meninggal pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Jakarta. Jenazah beliau dimakamkan di Blitar, Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar